Beranda | Artikel
Doa Mohon Perlindungan dari Semua Penyakit
Kamis, 31 Agustus 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Doa Mohon Perlindungan dari Semua Penyakit adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 12 Safar 1445 H / 29 Agustus 2023 M.

Doa Mohon Perlindungan dari Semua Penyakit

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata bahwasanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau dahulu berdoa dengan mengucapkan:

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada Engkau dari penyakit belang yang ada pada kulit, gila, kusta dan penyakit-penyakit yang jelek.” (HR. Abu Dawud)

Kita tahu banyak ditemukan penyakit-penyakit baru di zaman kita ini. Maka untuk itu sudah diajarkan oleh Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam bagaimana kita berdoa mohon perlindungan pada Allah dari semua jenis penyakit yang buruk. Ini menunjukkan satu mukjizat dari Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam. Beliau terkadang memberitahukan hal-hal yang belum terjadi, tapi Allah yang memberitahukan beliau. Sehingga kita melihat bahwa apa yang disampaikan oleh Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam banyak yang sudah terjadi.

Hadits ini menunjukkan bahwa beliau selalu memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dari penyakit-penyakit yang yang buruk akibatnya. Oleh karena itu beliau selalu memohon kepada Allah Ta’ala dari penyakit-penyakit yang buruk. Karena dengan adanya penyakit itu dapat melemahkan fisik seseorang, juga terkadang seorang tidak sabar dengan ujian Allah berikan kepadanya, sehingga kemudian bisa menghilangkan pahala. Seorang kalau diuji oleh Allah Ta’ala dengan penyakit kemudian bersabar, maka dia mendapat pahala. Tetapi tidak semua orang mampu untuk bersabar. Apalagi kalau diuji dengan penyakit menahun. Maka sedikit di antara manusia yang mampu bersabar.

Oleh karena itu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala dari penyakit-penyakit seperti ini.

Hadits ini juga menunjukkan bahwa seorang hamba hendaknya selalu mengupayakan dalam dua hal. Kita dianjurkan oleh Agama Islam untuk memperhatikan masalah kebersihan dan juga masalah makanan. Semua ini ada dalam ajaran Islam, dalam rangka upaya untuk menjaga kesehatan. Hal ini telah diperhatikan oleh Islam, dan Islam adalah agama yang memang menjaga kebersihan. Makanya kita diperintahkan untuk berwudhu setiap hari minimal lima kali.

Kemudian, seorang juga dianjurkan untuk mandi. Mandi itu dianjurkan minimal satu kali dalam seminggu, yaitu pada hari Jumat. Tetapi, Alhamdulillah, insya Allah, kita di negeri ini tidak ada kebiasaan orang mandi hanya sekali dalam seminggu. Karena kondisi cuaca panas dan lembab, menyebabkan berkeringat, sehingga setiap hari mandi. Namun, misalnya di kota Madinah, yang memiliki cuaca panas dan kering, tidak menyebabkan keringat. Sehingga seorang mungkin tidak perlu mandi setiap hari, mungkin hanya sehari atau dua hari sekali. Namun, ini tidak berpengaruh pada bau badan, karena hawanya kering. Meskipun demikian, Islam tetap memerintahkan untuk mandi minimal setiap Jumat. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

الْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ

“Mandi di hari jumat itu wajib bagi setiap yang sudah mimpi (dewasa).” (HR. Bukhari)

Lihat: Keutamaan Datang Shalat Jumat Lebih Awal

Hari Jumat adalah hari pertemuan kaum muslimin di masjid-masjid mereka. Maka kita dianjurkan untuk datang ke masjid dalam keadaan bersih, tidak mengeluarkan bau yang kurang sedap sehingga dapat mengganggu orang yang ada di samping kita.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53270-doa-mohon-perlindungan-dari-semua-penyakit/